Dalam rangka menyambut Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2024/2025, SMP 2 Kaliwungu mengadakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). MPLS merupakan kegiatan penting guna mengenalkan peserta didik baru dengan lingkungan sekolah, warga sekolah (Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan para Peserta Didik lain), sarana dan prasarana, serta tata tertib sekolah. MPLS tahun ini diikuti oleh 256 peserta didik. Pelaksanaan MPLS dimulai tanggal 22 Juli – 24 Juli 2024.
Hari pertama (Senin, 22 Juli 2024) diawali dengan apel pembukaan bersama Kepala Sekolah (Dra. Fitriani), Pendidik dan Tendik. Apel pembukaan MPLS Tahun Ajaran 2024/2025 dibuka secara simbolis oleh Kepala Sekolah dengan memakaikan kartu pengenal (Co Card) pada perwakilan peserta didik baru dan diikuti oleh seluruh peserta didik baru. Adapun kegiatan lain yaitu pengenalan dan pengarahan dari OSIS serta beberapa materi penting yang disampaikan kepada peserta didik baru, diantaranya:
- Wawasan Widya Mandala
- Tata Krama Peserta Didik
- Pengenalan Kurikulum Merdeka
- Profil Pelajar Pancasila
- Pembinaan Mental melalui Pendidikan Agama
Kegiatan hari pertama ditutup dengan pembiasaan salat berjamaah dan apel penutupan. Peserta didik baru tampak antusias dan semangat untuk menyambut MPLS hari kedua.
Dilanjutkan dengan hari kedua (Selasa, 23 Juli 2024) yang diawali dengan apel pembukaan dilanjutkan dengan PBB (Peraturan Baris Berbaris). Melalui PBB peserta didik diajarkan untuk memiliki rasa menghargai perbedaan, menghargai kontribusi masing-masing individu, dan kekompakan dalam mencapai tujuan bersama.
MPLS hari kedua diwarnai dengan materi pembentukan karakter sekolah Adiwiyata yang disampaikan oleh tim Adiwiyata SMP 2 Kaliwungu. Pembentukan karakter sekolah Adiwiyata dimaksudkan untuk menciptakan kondisi sekolah yang baik dan nyaman untuk tempat belajar, peserta didik memiliki kesadaran dan tanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan. Usaha konkrit yang dapat dilakukan peserta didik adalah menjaga kebersihan sekitar kelas, mampu membedakan sampah berdasarkan jenisnya, yaitu organik dan anorganik. Penggalian potensi minat dan bakat juga dilakukan untuk mengetahui keterampilan siswa dalam menciptakan suatu karya melalui hasta karya.
MPLS hari terakhir (Rabu, 24 Juli 2024) diisi dengan pemantapan PBB, dinamika kelompok, dan pengakraban peserta didik melalui kegiatan “lebih dekat dengan wali kelas”. Pemantapan PBB dilakukan untuk menguatkan dasar-dasar dalam aturan baris-berbaris. Hal ini dimaksudkan untuk menunjang kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dipilih oleh para peserta didik, antara lain Pelatihan Bela Negara (PBN), Pramuka, dan Polisi Keamanan Sekolah (PKS).
Kegiatan selanjutnya adalah dinamika kelompok yang dipandu oleh OSIS. Dinamika kelompok merupakan serangkaian kegiatan games yang bertujuan untuk melatih kekompakan, kerjasama, gotong royong, dan jiwa pantang menyerah. Selanjutnya dilakukan kegiatan “lebih dekat dengan wali kelas” yang meliputi 1) pembentukan struktur organisasi kelas; 2) pembentukan regu piket; 3) membentuk kesepakatan kelas; dan 4) saling bertukar informasi agar peserta didik lebih mengenal satu sama lain. Akhir kegiatan MPLS ditutup dengan pembiasaan salat berjamaah dan apel penutupan.
“MPLS merupakan langkah awal bagi peserta didik baru untuk mengenal lingkungan SMP 2 Kaliwungu. Dari kegiatan MPLS ini, kami berharap peserta didik baru mampu beradaptasi dengan lingkungan, mengetahui peran dan tanggung jawabnya sebagai peserta didik SMP 2 Kaliwungu, serta mendapatkan rasa aman dan nyaman sehingga peserta didik baru menyambut pembelajaran di kelas dengan semangat yang tinggi.” (Kepala SMP 2 Kaliwungu, Dra. Fitriani).